BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Kemajuan ilmu dan teknologi di barat sangatlah berkembang pesat dari tiap hari ke hari. Hal tersebut karena mereka sangat sangat giat dan trampil dalam menjalankan ilmu dan teknologi yang ada. Maka dari itu perlu bagi kita untuk memahami bagaimana pola pola yang dilakukan bangsa barat.
Kemajuan ilmu dan teknologi di barat sangatlah berkembang pesat dari tiap hari ke hari. Hal tersebut karena mereka sangat sangat giat dan trampil dalam menjalankan ilmu dan teknologi yang ada. Maka dari itu perlu bagi kita untuk memahami bagaimana pola pola yang dilakukan bangsa barat.
Iptek juga sangat berpengaruh dalam
proses pengembangan ilmu. Penguasaan iptek sangat sangat diperlukan untuk
pengembangan ilmu. Hal ini karena iptek sangat berhubungan dan di perlukan.
Untuk menjalankan nya kita harus tau
terlebih dahulu latar belakang dan budaya dasar ilmu pengetahuan. Maka dalam
makalah ini penulis akan menulis secara rinci tentang penjelasan yang terkait
dengan masalah masalah diatas.
B. RUMUSAN MASALAH
1. apa Rahasia kemajuan barat terhadap ilmu dan sains
2. Apa peranan iptek dalam kehidupan manusia
3. Apa latar belakang dan ruang lingkup budaya dasar
1. apa Rahasia kemajuan barat terhadap ilmu dan sains
2. Apa peranan iptek dalam kehidupan manusia
3. Apa latar belakang dan ruang lingkup budaya dasar
C.
TUJUAN MASALAH
1.Mengetahui Rahasia kemajuan barat terhadap ilmu dan sains
2. Mengetahui peranan iptek dalam kehidupan manusia
3. Mengetahui latar belakang dan ruang lingkup budaya dasar
1.Mengetahui Rahasia kemajuan barat terhadap ilmu dan sains
2. Mengetahui peranan iptek dalam kehidupan manusia
3. Mengetahui latar belakang dan ruang lingkup budaya dasar
BAB II
PEMBAHASAN
A.
RAHASIA KEMAJUAN BARAT DALAM BIDANG SAINS DAN
TEKNOLOGI
1.
Sains dan Ilmu
a.
Ilmu
Secara fenomenal ilmu
dapat dipandang sebagai proses, produk dan paradigm (sikap atau nilai).
Sebagai produk, ilmu
adalah semua pengetahuan yang telah diketahui, dan di sepakati oleh sebagian
besar masyarakat ilmiah. Sebagai proses, ilmu adalah kegiatan sosial untuk
memahami alam dengan metode ilmiah.
Adapun paradigm etika,
ilmu menurut Marton, berpagang pada empat kaidah ilmiah, yaitu
1)
Universalisme yaitu
ilmu tidak tergantung pada perbedaan ras, warna kulit dan keyakinan.
2)
Komunalisme yaitu
ilmu adalah milik umum
3)
Disinterestedness yaitu
ilmu tidak memihak, melainkan apa adanya
4)
Skeptisisme yaitu
ilmu menerima kebenaranya sebelum bukti empiris ada
b.
Teknologi
Teknologi barasal dari
kata yunani techno yang artinya ketrampilan atau seni. Dan kata inilah yang diturunkan kata teknik dan teknologi.
Teknik
adalah cara atau metode untuk
memperoleh keterampilan dalam bidang tertentu, sedangkan teknologi adalah pemanfaatan ilmu untuk memecahkan suatu masalah
dengan cara mengerahkan semua alat yang sesuai dengan nilai-nilai kebudayaan
dan skala nilai yang ada.
Teknologi
atau ilmu terapan bertujuan untuk
memecahkan masalah-masalah praktis serta untuk mengatasi semua kesulitan yang
mungkin dialami manusia.
2.
Hubungan timbal
balik antara Sains dan Teknologi
Sebelumnya teknologi dapat berdiri sendiri, lepas dari
sains dan ini berlangsung menjelang zaman revolusi industry (1760 – 1830).
Perkembangan ini mencangkup pertanian, kedokteran dan mechanical arts. Pada
fase ini sudah mengenal jalan raya, kapal, cara bercocok tanam, pembuatan
temped an sebagainya. Perkembangan ini telah menghasilkan revolusi dalam bidang
pertanian, industri dan kedokteran.
Tahap beriutnya
perkembangan sains lebih maju daripada teknologi. Misalnya, penggambaran sifat
mesin secara termodinamika telah dilakukan olehSlausius dan Kelvin, kurang
lebih 75 tahun setelah penemuan mesin uap oleh James watt.juga pemanfatan
gelombang elektromagnetik dalam teknologi komunikasi. Hal ini disebabkan
kemajuan teknologi menghasilkan permasalahan yang pemecahanya memerlukan
pendekatan ilmiah yang merupakan salah satu cirri sains. Dengan kata lain,
sains mendorong perkembangan teknologi.
a.
Konsep sains Modern
Perkembangan sains dan
teknologi, selain didukung oleh pemakaian metode ilmiah, juga didukung oleh
penyusunan konsep dalam sains.
Menjelang abad 20
terjadi perkembangan fun damental dan sains modern, yaitu dengan masuknya
perumusan mikroskopit dalam sains, seperti teori kuantum, model atom dan
molekul.
b.
Teknologi
Material
Perkembangan teknologi
dalam abad 20 ini didorong oleh perkembangan ilmu material, yang diikuti oleh
berbagai disiplin sains. Tiga jenis material yang melandasi perkembangan
teknologi modern, yaitu
1)
Bahan-bahan
polimer (plastic)
2)
Bahan-bahan
campuran atau paduan logam
3) Bahan-bahan listrik-magnet seperti semikonduktor,
yang melandasi electron renik (micro electronics)
Landasan
tersebut mendukung berbagai jenis teknologi seperti teknologi structural,
teknologi energy, teknologi transportasi, ternologi computer, tekonologi
komunikasi.
3.
Beberapa Konsep Teknologi
a.
Pengambilan
keputusan
Misalnya memilih mobil yang hemat bahan bakar dengan
kecepatan yang tinggi. Padahal keduanya ini sangat bertentangan . Hal ini
memerlukan empat unsur untuk mengambil keputusan, yaitu:
1)
Model
Adalah penggambaran suatu masalah secara
kuantitatif, yang pada umumnya secara matematis.
2)
Kriteria atau persyaratan
Adalah tujuan yang ingin dicapai dari pengambilan
keputusan
3)
Pembatas
Adalah faktor tambahan yang harus diperhitungkan
dalam pemecahan masalah
4)
Optimasi
Adalah menentukam pemecahan yang paling baik atau
optimum yaitu, pengambilan jalan tengah yang cukup bijaksana antara pembatas
yang ada.
b.
Sistem
Adlah suatu objek atau
peristiwa yang terdiri atas rangkaian bagian yang merupakan suatu kesatuan dan
saling berinteraksi secara fungsional dan memproses suatu masukan menjadi keluaran.
Untuk mengetahui peristiwa tersebut adalah system atau bukan ini memerlukan
empat hal yaitu:
1)
Dapat dipecah
menjadi bagian-bagian yang lebih kecil
2)
Setiap bagian
memiliki fungsi sendiri
3)
Seluruh
bagianmelakukan fungsi bersama-sama
4)
Fungsi bersama
memiliki tujuan tertentu
c.
Umpan balik
Maksudnya adalah pengontrolan terakir berupa
monitoring (pemantauan) dan koreksi. Dengan cara ini diketahui fungsi yang
telah berjalan baik atau fungsi yang belum berjalan baik.
4.
Kemajuan
Teknologi
a.
Percepatan dari
kecepatan manusia
b.
Penwmuan yang
semakin efisien dengan mencari prinsip-prinsip dasar (tidak menggunakan
kombinasi yang ada) .
c.
Elemen yang
dikombinasikan semakin bertambah.
B.
PERANAN IPTEK
DALAM KEHIDUPAN MANUSIA
1.
Dampak Terhadap
Kebutuhan Pokok Manusia
a.
Sandang
Dampak Positif antara
lain:
1)
Ditemukanya bibit unggul yang dalam waktu
singkat dapat diproduksi berlipat ganda
2)
Digunakanya
mekanisasi pertanian untuk memungut hasil produksi sehingga hasilnya lebih
besar bila dibandingkan dengan
menggunakan tenaga manusia
3)
Ditemukanya cara
pemupukan yang tepat serta digunakanya bakteri yang sanggup memperkuat akar
tanaman dengan mengambil zat hara dengan lebih baiik sehingga hasilnya
bertambah banyak
4)
Digunakan
bioteknologi ( misalnya hormone tumbuhan) untuk merangsang tumbuhnya daun,
bunga, atau buah sehingga tumbuh lebih banyak.
Dampak
negativenya adalah pemakaian pestisida ternyata tidak saja dapat memberantas
hama, tetapi jugadapat membunuh hewan ternak, meracuni hasil panen, bahkan
meracuni manusia sendiri.
b. Sandang (pakaian)
Dampak positif
1) menolong manusia dalam pengadaan sandang dengan
adanya mesin tekstil
2) ditemukanya serat sintetis
3) tidak perlu menunggu lama hasil serat tanaman kapas
karena dengan serat sintetis, pembuat tekstil dapat dilakukan secara
besar-besaran dalam waktu yang singkat.
Dampak negatif
1) bahan-bahan yang tergolong plastic kalau menjadi
sampah tidak dapat dihancurkan oleh bakteri pembusuk
2) plastic bila dibakar akan membuat lapisan ozon
menipis tetapi bila dibiarkan akan membuat pencemaran dan mengurangi kesuburan
tanah
c. Papan
Dampak positifnya adalah semakin majunya
seni arsitektur, sedangkan dampak negatifnya:
1) Denagan peralatan modern manusia akan sangat mudah
menebang pohon dengan alsan untuk pembangunan gedung dan lain-lain
2) Banyak tenaga manusia yang tak terpakai
2. Dampak Terhadap SDA
a. Minyak Bumi
Minyak bumi merupakan SDA utama dalam
energy dunia, namun kita harus sadar bahwa minyak itu tidak dapat diperbaharui.
Hasil pembakaran minyak bumi berupa
gas-gas oksida antara lain gas karbordioksida (pembetukan zat gula) dan
karbonmonoksida (gas beracun). Gas karbonmonoksida dapat meracini sel-sel darah
merah hingga tidak dapat mengakut oksigen dalam jaringan tubuh.
b. Batu Bara
Penamabangan batu bara sangat berbahaya,
alasanya semakin dalam penambangan semakin sedikit oksigen didalamnya
sebaliknya gas-gas semakin banyak yang dapat membuat sesak napas.
c. Air
Air merupakan SDA yang dapat
diperbaharui, namun jika hal itu sering di lakukan maka akan semakin menurun
jumlah dan kualitasnya.
d. Hutan, Hewan dan Ternak
Sumber daya ala mini termasuk SDA yang dapat
diperbaharui, akan tetapi manusia malah menggunakan kemajuan teknologi sampai
melampaui batas, yang akhirnya membuat SDA ini tidak dapat diperbaharui.
3. Dampak Terhadap SDM
Dampak positif
a. Manusia akan lebih efektif dan efisien dalam
mengolah SDA
b. Kualitas SDM akan semakin meningkat
Dampak negative
a. Pengangguran meningkat
b. Banyaknya pencemaran
4. Dampak Terhadap Komunikasi dan Transportasi
a. Komunikasi
1) Manusia dapat membuat telegram yang dapat dipakai
untuk menyampaikan pesan sampairibuan kilometer hanya dalam beberapa menit
2) Manusia dapat membuat telepon yang dapat dipakai untuk berkomunikasi
langsung
3) Ditemukanya pesawat radio
4) Ditemukan televise
5) Ditemukan alat komunikasi terbaru,yaitu satelit
Dampak negatif
ini ditimbulkan karena adanya orang yang tidak bertanggung jawab dalam
mengendalikan teknologi.
b. Transportasi
Dampak positif
dapat membuat alat transportasi, sedangkan dampak negatifnya adalah:
1) Timbulnya pencemaran suara
2) Timbulnya gas-gas yang merusak kesehatan
3) Berkurangnya lhan pertanian
C. LATAR BELAKANG DAN RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA
DASAR
1. Latar
Belakang Ilmu Budaya Dasar
Latar
belakang ilmu budaya dasar bermula dari kritik yang diberikan oleh para
cendekiawan mengenai sistem pendidikan kita yang dinilai sebagai warisan sistem
sistem pendidikan pemerintahan belanda pada masa penjajahan. Sistem pendidikan
warisan tersebut merupakan kelanjutan dari politik balas budi yang diajukan
oleh Cnrad Theodore Van Deventer. Adapun tujuannya adalah menghasilkan tenaga
terampil dalam bidang administrasi, perdagangan, teknik, dan keahlian laindemi
kelancaran usaha mereka dalam mengeksploitasi kekayaan negara kita.
2. Tujuan
Ilmu Budaya Dasar
a.
Menjadikan mahasiswa lebih peka dan terbuka terhadap
masalah kemanusiaan dan budaya, serta lebih bertanggung jawab terhadap
masalah-masalah tersebut
b.
Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang ada
dalam kehidupan masyarakat, hormat-menghormati serta memiliki simpati pada
nilai-nilai lain yag hidup di masyarakat
c.
Mengembangkan daya kritis terhadap persoalan
kemanusiaan dan kebudayaan
d.
Mahasiwa mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang
sedang membangun
e.
Menambah kemampuan mahasiswa untuk menanggapi
masalah nilai budaya dalam masyarakat indonesia dan dunia tanpa harus terpikat
oleh disiplin mereka
3. Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Bertitik tolak dari
kerangka tujuan, ruang lingkupkajian mata kuliah ilmu budaya dasar (IBD), meliputi:
a.
Berbagai aspek kehidupan yang mengungkapkan masalah kemanusiaan dan
budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya, baik dari
segi keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, namum gabungan berbagai disiplin
dalam pengetahuan budaya.
b.
Hakikat manusia yang satu atau universal, tetapi beragam perwujudannya
dalam perwujudan setiap zaman dan tempat. Dalam menghadapi lingkungan alam,
sosial, dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, tetapi
juga ketidakseragaman, sebagai ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak
ungkapan, pikiran, perasaan, dan tingkah laku.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
A. KESIMPULAN
IPTEK
sangat sangat berpengaruh terhadap perkembangan pengetahuan terutama di bidang
pendidikan. Sebelum kita mangembangkan ilmu pengetahuan kita, maka perlu
pemahaman terlebih dahulu proses prosesnya, serta memahami latar belakang
dan budaya byang ada disekitar kita .
B. SARAN
Mari kita tingkatkan kualitas ilmu
pengetahuan kita dengan cara memperluas wawasan tentang keilmuan .
No comments:
Post a Comment
mari berkomentar agar artikel atau yang lain selalu lebih baik