Muhammad Thoyyibul Azhar: MATERI PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Translate

Wednesday, 20 February 2019

MATERI PERMINTAAN DAN PENAWARAN


PERMINTAAN DAN PENAWARAN KONSEP EKONOMI
          Ibnu Khaldun mengakui adanya pengaruh permintaan dan penawaran terhadap penentuan harga. Hal ini sangat penting untuk di ketahui karena peranan pemerintah dan penawaran terhadap penentuan harga tidak begitu baik di pahami  di dunia barat sampai ahir abad ke-19 dan ke-20. Para ekonomi inggris pra-klasik seperti Wiliam Petty [1623-87], Richard Cantillon [1680-1734], James Steward [1712-80], dan bahkan pendiri aliran klaik, yaitu Adam Smith [1723-90], secara umum hanya menekankan pada peranan biaya produksi , khususnya peranan pekerja buruh terhadap penentuan harga.
          Ibnu Khaldun menekankan bahwa kenaikan penawaran atau penurunan permintaan  menyebabkan kenaikan harga, demikian pula sebaliknya.
A.    Pengertiaan permintaan
Permintaan adalah jumlah barang pada suatu pasar yang ingin di beli oleh konsumen pada saat tertentu dalam berbagai tingkat harga.
B.     Hukum permintaan
dalam ilmu ekonomi, hukum merupakan kecenderungan  yang tidak berlaku , begitupula pula hukum permintaan  yang berlaku dalam keadaan, artinya faktor-faktor lain yang mempengarui  permintaan  adalah tetap dan tidak berubah. Permintaan adalah tetap berubah bila
1.      Pendapatan konsumen tetap.
2.      Kebutuhan konsumen tetap.
3.      Selera konsumen tetap.
4.      Harga barang lain tetap.
5.      Tidak ada barang pengganti, dan barang yang di beli bukan merupakan barang prestise.
Hukum perintaan berbunyi “jumlah permintaan terhadap suatu barang berbanding terbalik dengan harga”. Ini berarti bahwa bila harga naik maka permintaan barang akan turun dan harga turun permintaan akan naik. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan tidak mengalami perubahan, antara lain  pendapatan dan selera konsumen,
Teori permintaan menjelaskan hubungan pembeliaan harga dan jumlah permintaan. Hubungan antara harga dan permintaan tersebut, dapat di gambarkan dengan skala permintaan dan dalam bentuk grafik.
C.     Penyederhanaan.
Harga merupakan faktor yang mempengaruhi [variabel bebas] sedangkan permintaan adalah faktor yang di pengaruhi [variabel terikat] dengan demikian, permintaan akan mengalami turu- naik akibat perubahan harga.
D.    Permintaan potensial dan permintaan efektif.
Sebelum pergi ke pasar untuk membeli barang kebutuhanya, dia telah memperhatikan jumlah barang yang di beli dengan kemampuan membayarnya. Hal ini di sebut permintaan potensial [perkiraan] selain itu permitaan potensial dan efektfi, dikenal pula permintaan.
Absolut adalah permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak di sertai kemampuan membayar daya beli .
Setiap pembeli datang dengan taksiran harga yang berbeda-beda perbedaan daya beli ini di sebabkan kemampuan subjektif yang berbeda permintaan calon pembeli,ada pembeli
1.      Super Marginal
Pembeli Super Marginal adalah pembeli yang mempunyai daya beli di atas harga pasar. Pembeli Marginal adalah pembeli yang harga beli subjektifnya berada pada harga pasar atau harga keseimbangan.
2.      Marginal
Pembeli marginal adalah pembeli yang mempunyai daya beli sama dengan harga pasar.
3.      Sub marginal
Pembeli sub marginal adalah pembeli yang memiliki tenaga beli di bawah harga pasar, pembei ini tidak dapat ikut serta membeli barang
E.     Jenis permintaan.
Ditinjau dari komponen yang mengajukan permintaan dapat di bedakan atas permintaan konsumen, pengusaha, pemerintah dan luar negeri.
     Keempat jenis permintaan tersebut sebagai komponen masyarakat.
Di tinjau dari segi yang meminta, permintaan, terdiri dari
1.      Permintaan individual [perorangan]
Permintaan individual datang dari perorangan untuk sejenis barang, guna memenuhi kebutuhanya
2.      Permintan kolektif
Permintaan pasar (market demand) merupakan gabungan dari permintaan individu.
F.      Faktor- faktor mempengaruhi permintaan
1.      Intensitas kebutuhan
           Kebutuhan Manusia Menurut Intensitas Kegunaan. Berdasarkan intensitas kegunaannya, kebutuhan dibedakan menjadi kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan primer disebut juga kebutuhan pokok atau dasar, yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi karena sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia.
2.      Pendapatan rata-rata penduduk
           pendapatan rata-rata penduduk disebut juga pendapatan perkapita. Pendapatan per kapita didapatkan dari hasil pembagian pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduk negara tersebut.
3.      Adanya barang substitusi
           Barang subtitusi merupakan barang pemuas kebutuhan manusia yang saling menggantikan fungsinya dengan sempurna. Dengan kata lain apabila tidak ada barang yang satu, maka dapat digantikan dengan barang lainnya.
4.      Distribusi pendapatan
           Distribusi pendapatan adalah konsep yang lebih luas dibandingkan kemiskinan karena cakupannya tidak hanya menganalisa populasi yang berada dibawah garis kemiskinan.
5.      Selera tradisi masyarakat
           Selera tradisi masyarakat adalah Keinginan yang diinginkan oleh masyarakat itu
6.      Jumlah penduduk
           Jumlah penduduk adalah perubahan populasi sewaktu-waktu, dan dapat dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi menggunakan "per waktu unit" untuk pengukuran.

1.      Penawaran
a.       Pengertian penawaran
Penawaran adalah jumlah barang suatu pasar yang ingin dijual oleh penjual pada suatu saat tertentu dalm berbagi tingkat harga.
b.      hukum penawaran.
penawaran suatu barang mengalami naik-turun karena perubahan harga .naik turunnya penawaran akibat perubahan harga.
Hukum penawaran sebagai berikut:” Bila hal-hal tetap,harga naik penawaranpun akan naik”.

c.       Pengaruh harga terhadap penawaran.
Jika harga naik penawaran ikut naik dan sebaliknya.Dalam hal pengaruh harga terhadap penawaran harga merupakan variabel bebas ( variabel yang mempengaruhi ) dan penawaran merupakan variabel terikat ( variabel yang di pengaruhi ).
d.      Jenis penawaran.
a.       Penawaran perorangan adalah  jumlah suatu barang yang ditawarkan oleh seorang produsen.
b.      Penawaran pasar adalah keseluruhan jumlah barang sejenis yang ditawarkan oleh produsen-produsen di pasar penawaran pasar dapat juga di artikan penawaran yang menjadi objek pembahasan.         

No comments:

Post a Comment

mari berkomentar agar artikel atau yang lain selalu lebih baik

PIDATO AQIQOH BAHASA JAWA

PIDATO AQIQOH BAHASA JAWA Assalamu’alaikum wr.wb Bismillahirrahmanirrahim…. Engkang kaulo hormati hadirin engkang rawuh wont...