MengenalFasePerkembanganPsikologis
RinnySoegiyoharto, Psikolog
Dalampengalamanmelakukankonselingselamabelasantahun, adahalmenarik yang sayadapati. Kenyataannyatidakcukupbanyak orang mengenaldirisendiridan orang lain sesuaidenganfaseperkembanganpsikologisnya.
Bukansekadarsadarakanusiakronologisdirisendiri, namunjugamemahamikematangandantugas-tugas yang berkenaandenganfaseperkembanganusiatersebut. Samahalnyadapatditerapkandalammengenaldanmemahami orang lain. Begitubanyak orang lain di seputarkehidupanmanusia; pasanganhidup, anak, orangtua, rekan, atasan, bawahan, dansebagainya.
BerbicaratentangPsikologiPerkembangan, khususnyamembahasfaseperkembanganmanusia, artinyakitamenelusurihasilpenelitian longitudinal (panjang, lama dantanpahenti) yang telahdilakukanbanyakahli. Perludicatat, penelitian-penelitiantersebutmasihterusdilakukanhinggasaatini. Selamamanusiadanlingkunganhidupnyaberkembang, selamaitu pula selaluadaperubahan yang menandaiperkembangantersebut.
Perludiingat, faseperkembanganmerupakanpengelompokanciri-ciri, analisisdankesimpulanberdasarkanhasilpenelitian yang terujisecarasignifikan. Artinya, keunikanpribadi yang sifatnya individual, sepertikarakter, intelektual, kepribadian, harusdigalidandibahassecara individual pula. Tulisaninitidakmembahashal-halitu. Secaraumumperkembanganmanusiadibagidalamenamfase, yakni: Prenatal, Bayi, AnakUsiaPra-sekolah, AnakUsiaSekolah, Remaja, danDewasa.
Prenatal
Perkembanganawalmanusiadari proses konsepsiataupembuahanhinggamasakelahiran. Umumnyaibumengandungselamasembilanbulansepuluhhari. Berbagaiperistiwadankasus yang munculpadamasainiditengaraimemilikipengaruhcukupbesarterhadapperkembanganjanin. Sebagaicontoh, seorangibu yang mengalamidepresiatautekanan mental cukupberatsaatmengandungberpengaruhterhadapkondisiemosi sang janinpadasaatiadilahirkandantumbuhkemudian. Penelitian-penelitianberkaitandenganfase prenatal masihterusdilakukanuntukmemperolehgambaranlebihtepatseberapabesarpengaruhnyasecaralangsung.
Bayi
Terhitungsejakusianoltahunsaatbayidilahirkan, sampaiiamemasukiusia 2 tahun. Padafaseinibayiber-responssecararefleks. Sepertihalnyaketikakitamengatupkankelopakmatasaatadabendamendekat. Eksplorasibayiuntukmengenalduniadanlingkungansekitarnyaadalahdenganalatinderadanaktivitasmotorik. Satualasan di ataspembaringanbayidiletakkanbendaataumainan yang berputar, misalnya. Cara inidapatmenjadiindikatorbagiorangtuauntukmengetahuidengancepatapakahfungsiinderapenglihatanbayicukupbaik.
Bayiberkomunikasidengansenyumdantangisannya, yang memilikiartikhususbagisetiaporangtua. Kelekatanorangtuadenganbayimerupakanfaktorpentingpadafasebayi. Dilakukandenganbanyaksentuhan, pelukan, dekapan, usapan, elusan, tepukanringan, yang akanmenciptakanperasaanamandannyamanpadabayi, hinggaia “lulus” untukmemasukifaseselanjutnya.
AnakPra-Sekolah
Saatanakberusia 2 hingga 5 tahun. Disebutjugasebagaiusiaemas, sebabperlakuanorangtuadan orang dewasa lain di sekitarnyasangatmenentukan proses perkembangananakuntukfase-faseberikut. Padausiainianaksudahlebihmatangsecarafisik, emosidankognitif. Perkembanganotonomicukuppesat yang ditandaidenganmunculnyakemauansendiri, tidaklagimelulumengikutikemauanorangtua. Jugatertampilkecenderungan yang seringkalimembuatorangtuagusar, yakninegativisme. Hampirsegalasesuatu yang dimintaataudikatakanorangtuadijawabnyadengan kata “tidak” ataugelengan yang bersifatmenolak.
Anaksenangmenjelajah, mencaritahuberbagaihal yang ditemuinyaataumulaidipikirkannya, bahkandikhayalkan. Karenapadafaseinianakmulaisukaberfantasi, iakadangkala “menemukantemankhayalan”. Saatperkembanganotonomiinipulalahseoranganakmulaibelajarmengenaiperilaku-perilaku yang disetujui. Artinya, proses pembelajarantentang yang baikdanburukdimulaipadausiaini. Perkembanganberbahasanyapesatsehinggaberbagaiperilakudapatdipahamimelaluikomunikasi. Hal wajibbagiorangtuaadalahsiapmendengarkan, memberijawabdanmembukakesempatananakberperansertadalamberbagaiaktivitaskeluarga.
AnakUsiaSekolah
Saatmemasukiusia 5/6 tahunhingga 12 tahunmerupakanmasaperkembanganintelektual. Keterampilanmotorikterutamamotorikhalussepertimenulis, jauhlebihbaikdarifasesebelumnya. Cara berpikiranakberkembangnamunlebihbesarberorientasipadahal-halkonkret, kinidan di sini. Contohnya, padausiainicita-citaanakbelumdapatditampilkandenganpasti, orientasiakanmasadepanbelumjelas.
BerdasarkanteoriperkembanganPsikososialdari Erickson, padafaseinipentingdicermati proses pembentukan rasa percayadiri. Di sekolahanakmemilikipergaulan yang luasdanmulaimuncul rasa bersaingantartemansebaya. Apabilaiamemilikipengalamanberhasilataskaryaatauprestasinya di bidangtertentu, makamuncul rasa percayadiri. Namunperasaangagalakanmembuatanak minder alias “nggakPeDe”. Makaorangtuaperlumendukunganak agar iasering “merasaberhasil”.
Remaja
Secaraumummasaremajadilaluidalamkurunusia 11/12 tahunhingga 20/21 tahun. Faseinidimulaisaatseseorangmemasukipubertas. Gejala yang umumnyatertangkapyaknisaatanakperempuanmengalamimenstruasidananaklak-lakimimpibasah. Remajaadalahfase yang sulitdengan status interim atauperalihan. Faseanak-anaksudahlewat, namunfasedewasabelumtiba. Seringkalifaseinidisebutjugafasepergolakan, fluktuasiterjadiseseringperubahanemosiremaja.
Selainperubahan-perubahanfisik, remajajugamengalamiperubahanpadabanyakaspek lain. Apabilatadinyaiasepenuhnyabergantungpadaorangtua, makakiniiamulaimandiri. Namunkemandirian yang dimilikibelumpenuh, misalnyasecarafinansialkebanyakanremajamasihtergantungpadaorangtua. Kondisiinimembuatnyataknyamandankonflik.
Proses pencarianidentitasdiriberlangsungpadafaseremaja. Konformitasterhadaptemansebayacukuptinggi, sehinggaiacenderungmengikuti kata teman demi diterimaolehkelompok. Penerimaanlingkunganpergaulansangatpentingbagiremaja. Olehsebabituorangtuaadalahtemandankonselorbaginya, bukanlagiperawatataupengasuhsepertipadafaseanak. Komunikasi yang kurangbaikantaraorangtuadenganremajadapatberakibatburuk, misalnyaialebihsenangbersamateman-teman di luarrumahdandapatsajaterjerumuspergaulan yang keliru.
Dewasa
Fasedewasaterdiriatasdewasamuda, yakni 21-40 tahun, dewasamadya, 40-64 tahun, danlanjutusia, di atas 64 tahun. Setiappembagianfasememilikiciri-cirikhusus yang unik. Dewasamudabiasanya orang membukapergaulan, mencaritemanintimdanmenitikarier. Kegagalandalambertemanintimakanmembuat orang dewasamudainimengisolasidiriselamabeberapawaktu. Perasaankosongdantakbermaknajugamunculpadausiaini.
Memasukidewasamadya orang mulaiberminatmembinagenerasi yang lebihmuda. Kepedulianterhadap orang lain dankelangsunganhidupnyaadalahhal yang bermakna. Tanpagenerasimudahidup para dewasamadyadirasatidaklengkap. Padausialanjutmanusiahidupdariapa yang telahdibangunnya. Iamemahamisejarahhidupnyamelibatkangenerasisebelumnya. Takjarangmunculpenyesalantentanghal-hal yang tidakdilakukanpadausiamuda. Ketidak-siapanmenghadapiakhirkehidupanmembuatnyatakutakankematian.
Memahamifaseperkembanganmanusiasecarapsikologisperludilengkapidengankonsepberpikirbahwasetiapfaseharusdilewatidenganbaikdantuntas. Stagnansiatautidakselesainyatugas-tugaspadasuatufasecenderungmengembalikan orang padafasetersebutmeskipuniasudahdewasa, bahkanlanjutusia. Tulisaninihanyamemaparkansebagiankecildaripsikologiperkembanganmanusia yang kompleks.
RinnySoegiyoharto, Psikolog
Dalampengalamanmelakukankonselingselamabelasantahun, adahalmenarik yang sayadapati. Kenyataannyatidakcukupbanyak orang mengenaldirisendiridan orang lain sesuaidenganfaseperkembanganpsikologisnya.
Bukansekadarsadarakanusiakronologisdirisendiri, namunjugamemahamikematangandantugas-tugas yang berkenaandenganfaseperkembanganusiatersebut. Samahalnyadapatditerapkandalammengenaldanmemahami orang lain. Begitubanyak orang lain di seputarkehidupanmanusia; pasanganhidup, anak, orangtua, rekan, atasan, bawahan, dansebagainya.
BerbicaratentangPsikologiPerkembangan, khususnyamembahasfaseperkembanganmanusia, artinyakitamenelusurihasilpenelitian longitudinal (panjang, lama dantanpahenti) yang telahdilakukanbanyakahli. Perludicatat, penelitian-penelitiantersebutmasihterusdilakukanhinggasaatini. Selamamanusiadanlingkunganhidupnyaberkembang, selamaitu pula selaluadaperubahan yang menandaiperkembangantersebut.
Perludiingat, faseperkembanganmerupakanpengelompokanciri-ciri, analisisdankesimpulanberdasarkanhasilpenelitian yang terujisecarasignifikan. Artinya, keunikanpribadi yang sifatnya individual, sepertikarakter, intelektual, kepribadian, harusdigalidandibahassecara individual pula. Tulisaninitidakmembahashal-halitu. Secaraumumperkembanganmanusiadibagidalamenamfase, yakni: Prenatal, Bayi, AnakUsiaPra-sekolah, AnakUsiaSekolah, Remaja, danDewasa.
Prenatal
Perkembanganawalmanusiadari proses konsepsiataupembuahanhinggamasakelahiran. Umumnyaibumengandungselamasembilanbulansepuluhhari. Berbagaiperistiwadankasus yang munculpadamasainiditengaraimemilikipengaruhcukupbesarterhadapperkembanganjanin. Sebagaicontoh, seorangibu yang mengalamidepresiatautekanan mental cukupberatsaatmengandungberpengaruhterhadapkondisiemosi sang janinpadasaatiadilahirkandantumbuhkemudian. Penelitian-penelitianberkaitandenganfase prenatal masihterusdilakukanuntukmemperolehgambaranlebihtepatseberapabesarpengaruhnyasecaralangsung.
Bayi
Terhitungsejakusianoltahunsaatbayidilahirkan, sampaiiamemasukiusia 2 tahun. Padafaseinibayiber-responssecararefleks. Sepertihalnyaketikakitamengatupkankelopakmatasaatadabendamendekat. Eksplorasibayiuntukmengenalduniadanlingkungansekitarnyaadalahdenganalatinderadanaktivitasmotorik. Satualasan di ataspembaringanbayidiletakkanbendaataumainan yang berputar, misalnya. Cara inidapatmenjadiindikatorbagiorangtuauntukmengetahuidengancepatapakahfungsiinderapenglihatanbayicukupbaik.
Bayiberkomunikasidengansenyumdantangisannya, yang memilikiartikhususbagisetiaporangtua. Kelekatanorangtuadenganbayimerupakanfaktorpentingpadafasebayi. Dilakukandenganbanyaksentuhan, pelukan, dekapan, usapan, elusan, tepukanringan, yang akanmenciptakanperasaanamandannyamanpadabayi, hinggaia “lulus” untukmemasukifaseselanjutnya.
AnakPra-Sekolah
Saatanakberusia 2 hingga 5 tahun. Disebutjugasebagaiusiaemas, sebabperlakuanorangtuadan orang dewasa lain di sekitarnyasangatmenentukan proses perkembangananakuntukfase-faseberikut. Padausiainianaksudahlebihmatangsecarafisik, emosidankognitif. Perkembanganotonomicukuppesat yang ditandaidenganmunculnyakemauansendiri, tidaklagimelulumengikutikemauanorangtua. Jugatertampilkecenderungan yang seringkalimembuatorangtuagusar, yakninegativisme. Hampirsegalasesuatu yang dimintaataudikatakanorangtuadijawabnyadengan kata “tidak” ataugelengan yang bersifatmenolak.
Anaksenangmenjelajah, mencaritahuberbagaihal yang ditemuinyaataumulaidipikirkannya, bahkandikhayalkan. Karenapadafaseinianakmulaisukaberfantasi, iakadangkala “menemukantemankhayalan”. Saatperkembanganotonomiinipulalahseoranganakmulaibelajarmengenaiperilaku-perilaku yang disetujui. Artinya, proses pembelajarantentang yang baikdanburukdimulaipadausiaini. Perkembanganberbahasanyapesatsehinggaberbagaiperilakudapatdipahamimelaluikomunikasi. Hal wajibbagiorangtuaadalahsiapmendengarkan, memberijawabdanmembukakesempatananakberperansertadalamberbagaiaktivitaskeluarga.
AnakUsiaSekolah
Saatmemasukiusia 5/6 tahunhingga 12 tahunmerupakanmasaperkembanganintelektual. Keterampilanmotorikterutamamotorikhalussepertimenulis, jauhlebihbaikdarifasesebelumnya. Cara berpikiranakberkembangnamunlebihbesarberorientasipadahal-halkonkret, kinidan di sini. Contohnya, padausiainicita-citaanakbelumdapatditampilkandenganpasti, orientasiakanmasadepanbelumjelas.
BerdasarkanteoriperkembanganPsikososialdari Erickson, padafaseinipentingdicermati proses pembentukan rasa percayadiri. Di sekolahanakmemilikipergaulan yang luasdanmulaimuncul rasa bersaingantartemansebaya. Apabilaiamemilikipengalamanberhasilataskaryaatauprestasinya di bidangtertentu, makamuncul rasa percayadiri. Namunperasaangagalakanmembuatanak minder alias “nggakPeDe”. Makaorangtuaperlumendukunganak agar iasering “merasaberhasil”.
Remaja
Secaraumummasaremajadilaluidalamkurunusia 11/12 tahunhingga 20/21 tahun. Faseinidimulaisaatseseorangmemasukipubertas. Gejala yang umumnyatertangkapyaknisaatanakperempuanmengalamimenstruasidananaklak-lakimimpibasah. Remajaadalahfase yang sulitdengan status interim atauperalihan. Faseanak-anaksudahlewat, namunfasedewasabelumtiba. Seringkalifaseinidisebutjugafasepergolakan, fluktuasiterjadiseseringperubahanemosiremaja.
Selainperubahan-perubahanfisik, remajajugamengalamiperubahanpadabanyakaspek lain. Apabilatadinyaiasepenuhnyabergantungpadaorangtua, makakiniiamulaimandiri. Namunkemandirian yang dimilikibelumpenuh, misalnyasecarafinansialkebanyakanremajamasihtergantungpadaorangtua. Kondisiinimembuatnyataknyamandankonflik.
Proses pencarianidentitasdiriberlangsungpadafaseremaja. Konformitasterhadaptemansebayacukuptinggi, sehinggaiacenderungmengikuti kata teman demi diterimaolehkelompok. Penerimaanlingkunganpergaulansangatpentingbagiremaja. Olehsebabituorangtuaadalahtemandankonselorbaginya, bukanlagiperawatataupengasuhsepertipadafaseanak. Komunikasi yang kurangbaikantaraorangtuadenganremajadapatberakibatburuk, misalnyaialebihsenangbersamateman-teman di luarrumahdandapatsajaterjerumuspergaulan yang keliru.
Dewasa
Fasedewasaterdiriatasdewasamuda, yakni 21-40 tahun, dewasamadya, 40-64 tahun, danlanjutusia, di atas 64 tahun. Setiappembagianfasememilikiciri-cirikhusus yang unik. Dewasamudabiasanya orang membukapergaulan, mencaritemanintimdanmenitikarier. Kegagalandalambertemanintimakanmembuat orang dewasamudainimengisolasidiriselamabeberapawaktu. Perasaankosongdantakbermaknajugamunculpadausiaini.
Memasukidewasamadya orang mulaiberminatmembinagenerasi yang lebihmuda. Kepedulianterhadap orang lain dankelangsunganhidupnyaadalahhal yang bermakna. Tanpagenerasimudahidup para dewasamadyadirasatidaklengkap. Padausialanjutmanusiahidupdariapa yang telahdibangunnya. Iamemahamisejarahhidupnyamelibatkangenerasisebelumnya. Takjarangmunculpenyesalantentanghal-hal yang tidakdilakukanpadausiamuda. Ketidak-siapanmenghadapiakhirkehidupanmembuatnyatakutakankematian.
Memahamifaseperkembanganmanusiasecarapsikologisperludilengkapidengankonsepberpikirbahwasetiapfaseharusdilewatidenganbaikdantuntas. Stagnansiatautidakselesainyatugas-tugaspadasuatufasecenderungmengembalikan orang padafasetersebutmeskipuniasudahdewasa, bahkanlanjutusia. Tulisaninihanyamemaparkansebagiankecildaripsikologiperkembanganmanusia yang kompleks.
No comments:
Post a Comment
mari berkomentar agar artikel atau yang lain selalu lebih baik